Mengajar dan belajar bahasa Arab

Anda mungkin merasa lucu bahwa seorang pembicara non-Arab sedang menulis artikel tentang pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab, tapi bahasa dan fungsinya, selalu membuat saya terpesona dan, paling tidak sebagian alasannya, bahwa saya menjadi orang Inggris sebagai orang kedua. Guru bahasa. Dikotomi bahasa Arab lisan dan tulisan adalah sesuatu yang telah saya baca, tapi baru ketika saya tiba di Palestina untuk bekerja sebagai kepala sekolah internasional, saya menyadari implikasi pedagogis dari dikotomi ini. Dalam percakapan dengan murid-murid saya, saya dengan cepat mengetahui tentang keengganan yang mereka semua anggap tentang kelas bahasa Arab mereka - pendapat yang saya temukan tercermin dalam kenangan orang dewasa dengan siapa saya berbicara. Ketika saya mendengar cerita dari siswa dan orang dewasa, saya mulai bertanya-tanya mengapa ada masalah dan apa yang bisa kami ubah untuk memperbaiki situasi.



Hal pertama yang saya perhatikan adalah bahwa para siswa merasa bahwa metode pengajarannya tidak "menyenangkan." Saya menerjemahkannya ke dalam "tidak modern." Pendekatannya tidak sesuai dengan jenis pengajaran yang sedang berlangsung di kelas mereka yang lain. Isu kedua adalah sedikit lebih dekat dengan hati saya: masalah pengajaran bahasa kedua. Siswa sering mengungkapkan kepada saya bahwa mereka benar-benar tidak tahu mengapa mereka perlu belajar MSA (Modern Standard Arabic). Ini bukan bahasa yang mereka gunakan di rumah atau dengan teman mereka; Bukan bahasa yang digunakan ibu mereka untuk menceritakan cerita sebelum tidur atau bahwa ayah mereka biasa bercerita tentang keluarga mereka. Mereka juga tahu bahwa tempat kerja yang mereka kunjungi tidak dihuni oleh orang-orang yang berbicara dengan MSA satu sama lain. Jadi mengapa mereka harus belajar bahasa ini? Ketiadaan koneksi ini sering memanifestasikan dirinya dalam kemampuan membaca yang lemah dalam bahasa Arab dan kurangnya minat membaca buku dalam bahasa Arab, yang tentu saja ditulis dalam MSA.



Mendengarkan semua ini membuat saya berpikir bahwa sebagian besar masalah adalah bahwa kami mencoba untuk mengajarkan bahasa kedua tanpa menggunakan strategi bahasa kedua. Seiring saya melakukan penelitian, saya menemukan beberapa artikel yang mendukung hipotesis ini. Yang satu menarik perhatian saya: karya Dr. Raphiq Ibrahim dari Pusat Penelitian Otak Edmond J. Safra untuk Studi Ketidakmampuan Belajar di Universitas Haifa, Departemen Keterbatasan Belajar. Dengan menggunakan pemindaian otak, dia dan timnya dapat menggambarkan bahwa ketika seorang pembicara bahasa Arab belajar MSA, bagian otak yang menangani perolehan bahasa kedua sepenuhnya terlibat dan bukan bagian otak yang menangani ekspansi. dari bahasa ibu seseorang Pemahaman ini sendiri mengharuskan kita untuk meninjau kembali cara kita mengajar MSA kepada siswa kita. Pendekatan perlu bergeser dan harapan kita perlu bergeser juga.



Terkait dengan penemuan ini adalah bagian lain dari teka-teki yang juga harus mempengaruhi bagaimana kita mengajarkan MSA kepada pembicara non-Arab. Sekali lagi menarik dari temuan Dr. Ibrahim, otak pembicara bahasa Arab berurusan dengan bahasa di belahan otak yang berlawanan dari mereka yang berbicara dan atau belajar bahasa barat seperti bahasa Inggris atau Prancis. Karena kemahiran dalam bahasa kedua dibangun di atas struktur bahasa pertama seseorang, sangat membantu meniru pola bahasa 1 sebanyak mungkin saat mengajar bahasa kedua. Sayangnya, bagi orang-orang seperti saya yang mencoba belajar bahasa Arab, ada banyak perbedaan dalam bagaimana kita mendekati bahasa. Salah satu contohnya adalah bahwa dalam bahasa Arab, guru menyajikan kata kerja dalam bentuk lampau lalu membangun dari sana. 



 

 Dalam bahasa Inggris, kami menyajikan kata kerja dalam bentuk infinitif dan kemudian mulai dari bentuk sekarang untuk membangun bentuk selanjutnya. Hal lain yang mungkin tampak sepele, tapi menambah senam yang harus dihadapi otak peserta didik adalah bagaimana kita menyajikan kata ganti pribadi saat menggambarkan konjugasi verba. Dalam bahasa barat, kita mulai dengan bentuk tunggal dan menempatkan bentuk jamak yang bertentangan dengan bentuk tunggal. Dalam bahasa Arab, mereka biasanya tidak disajikan dengan cara yang sama.  



 

Jadi bukan hanya otak yang mencoba mempelajari sesuatu yang sedang disajikan dalam naskah yang dibaca ke arah yang berlawanan dan tidak asing lagi, namun presentasi tersebut tidak mengikuti pola yang biasa dilihat oleh otak kita. Akhirnya kamus! Untuk menggunakan kamus bahasa Arab, siswa perlu mengetahui akar kata untuk melihat sesuatu. Ini membutuhkan tingkat kemampuan bahasa Arab yang tinggi sebelum Anda dapat menggunakan salah satu alat dasar yang kami gunakan dalam bahasa barat.
 




Sebagai kesimpulan, saya percaya bahwa ada cukup banyak informasi baru di luar sana untuk menjamin tinjauan tentang bagaimana kita mengajarkan MSA kepada siswa yang berbicara bahasa Arab dan juga bagaimana kita mengajarkannya kepada orang-orang non-Arab yang belajar bahasa Arab.
 




Dr. Kenneth HulslanderKepala Sekolah-English Track | Akademi Internasional Arab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5. Memahami Na’at dan Man’ut dalam Bahasa Arab

2. Belajar Memahami Pembagian Isim dalam Bahasa Arab

1. Belajar Memahami Kalimah dalam Bahasa Arab